Visi dan Misi Program Magister Pendidikan Bahasa Arab IPMAFA

 


Visi

Mengintegrasikan keilmuan Pendidikan Bahasa Arab dan keislaman dengan karakter nilai pesantren untuk mewujudkan Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali‟ul Falah sebagai pusat riset dan pendidikan Bahasa Arab bertaraf internasional pada tahun 2035

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Pascasarjana di bidang Pendidikan Bahasa Arab melalui tatakelola universitas yang baik (good university governance), secara unggul dan profesional dengan mengacu pada standar kualifikasi S2, serta berbasis nilai-nilai kepesantrenan, yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
  2. Melaksanakan penelitian yang terintegrasi dengan nilai-nilai kepesantrenan, sehingga melahirkan tenaga ahli, pemikir, penemu dan pengembang dalam hal Pendidikan Bahasa Arab yang profesional dan berintegritas.
  3. Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat yang didasarkan pada keilmuan dan nilai-nilai kepesantrenan melalui kontekstualisasi turats, sehingga mampu menghadapi dan memecahkan berbagai permasalahan pendidikan di masyarakat, khususnya dalam hal Pendidikan Bahasa Arab.
  4. Mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dosen dan tenaga kependidikan program pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab, dalam bidang pengembangan keilmuan, penelitian dan profesionalitas.
  5. Menjalin dan Mengembangkan jaringan kerjasama produktif dengan berbagai Lembaga baik di dalam maupun luar negeri, dan masyarakat pengguna lulusan magister program studi Pendidikan Bahasa Arab. 
Tujuan
Program Magister Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali‟ul Falah dalam penyelenggaraannya bertujuan ingin menghasilkan lulusan:
  1. Magister Pendidikan Bahasa Arab yang memiliki kedalaman ilmu, kematangan keterampilan dan profesionalitas, berintegritas dan berakhlak mulia sesuai dengan standar nilai-nilai pesantren, serta mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu dan pengalamannya pada tingkat satuan pendidikan (semua jenis, jalur, dan jenjang), khususnya pada jenjang S-1. 
  2. Magister Pendidikan Bahasa Arab yang memiliki wawasan keilmuan yang luas dan mendalam, sehingga mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu program doktor (S-3).
  3. Magister Pendidikan Bahasa Arab yang memiliki kemampuan untuk mengembangkan keilmuan dan melakukan penelitian dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab, sehingga mampu berkontribusi dalam pengembangan keilmuan Pendidikan Bahasa Arab baik secara teoretis maupun praksis, khususnya di Indonesia

0 Komentar