Capaian Pembelajaran Magister PBA



Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Arab berdasarkan tiga profil lulusan adalah sebagai berikut:

A. PENDIDIK
  1. Memiliki kedalaman ilmu kebahasa-araban dan mampu mengembangkan serta menerapkannya pada tingkat satuan Pendidikan (semua jenis, jalur, dan jenjang), khususnya pada jenjang S-1.
  2. Memiliki kematangan keterampilan berbahasa Arab aktif dan pasif yang menunjang profesinya sebagai pendidik, peneliti dan konsultan Pendidikan Bahasa Arab 
  3. Memiliki profesionalitas dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi dalam bidang Bahasa Arab dan pembelajarannya . 
  4. Memiliki sikap ilmiah dan tanggung jawab dalam menerapkan ilmu dan pengalamannya atau praktek professionalnya melalui penelitian kebahasa-araban berbasis turats pesantren yang kreatif dan inovatif 
  5. Memiliki integritas dan berakhlak mulia sesuai dengan standar nilai-nilai pesantren dan Nilai-Nilai Dasar Shalih Akram. 
  6. Memiliki rasa kebangsaan, kebhinekaan, demokratis, dan rasa solidaritas sosial. 
  7. Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

B. PENELITI
  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dalam bidang bahasa Arab dan pembelajarannya atau praktek profesionalnya melalui riset berbasis turats pesantren, hingga menghasilkan karya inovatif, dan teruji. 
  2. Mampu memecahkan permasalahan dalam bidang pembelajaran bahasa Arab melalui riset berbasis turats pesantren, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. 
  3. Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan dalam bidang bahasa Arab yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional 
  4. Memiliki sikap ilmiah dan tanggung jawab dalam menerapkan ilmu dan pengalamannya atau praktek professionalnya melalui penelitian kebahasa-araban berbasis turats pesantren yang kreatif dan inovatif

C. KONSULTAN
  1. Mendesain program peningkatan mutu Pendidikan Bahasa Arab formal dan nonformal
  2. Menguasai konsep model, pendekatan, metode, strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang berbasis IT yang terkait dengan pembelajaran Bahasa Arab tingkat menengah, atas dan perguruan tinggi dengan cermat melalui pendekatan multi dan interdisipliner. 
  3. Menjalin, mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kerja sama dengan Lembaga formal dan non formal dalam mendesain dan meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Arab. 

0 Komentar